Pencarian

+

PELATIHAN FARM INTEGRETED

PELATIHAN FARM INTEGRETED
PELATIHAN FARM INTEGRETED

img-1727938961.jpgBrebes, 1 dan 2 Oktober 2024 - Yayasan Qobasat Annur Pesantren Terpadu Daarul Fikri (Pusat), melalui departemen bidang usaha, bersama dengan para pimpinan dan perwakilan Yayasan Islam lainnya, melaksanakan kegiatan farm integrated di Tonjong Kabupaten Brebes. Kegiatan ini dilaksanakan dengan methode pelatihan dan praktek secara langsung, dalam rangka menjadikan lahan-lahan Pesantren / Yayasan yang ada dapat dioptimalkan untuk usaha pertanian dan peternakan integrasi.

img-1727915858.jpg

Dalam kegiatan ini, pengurus Yayasan Qobasat Annur dan departemen bidang usaha bekerja sama dengan ahli dan praktisi pertanian dalam memberikan pelatihan farm integrated. Melalui program ini, harapannya para pimpinan dan tim yang terjun secara langsung pada pengelolaan lahan Pesantren dapat memahami betul terkait teori sampai dengan praktek farm integreted yang disampaikan.


Program farm integrated ini dijalankan dengan cara menyatukan teknologi pertanian dengan teknologi peternakan. Pada program ini, produksi pertanian dan peternakan saling menguntungkan. Dalam hal ini, ternak menjadi sumber pupuk organik yang bermanfaat bagi tanaman, sementara hasil pertanian dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.


Pengurus Yayasan Qobasat Annur dan departemen bidang usaha mengaku senang dengan pelatihan yang dilaksanakan. Selain dapat mengoptimalkan bahan limbah pesantren yang dapat diolah menjadi pupuk organik, pakan ternak, pupuk tanaman buah, juga mengoptimalkan potensi lahan yang ada, program farm integrated juga membuka peluang untuk meningkatkan pendapatan Yayasan Qobasat Annur Pesantren Terpadu Daarul Fikri.

img-1727938985.jpg

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim narasumber Bapak Guntoro selaku ahli dan praktisi pertanian yang telah memberikan waktunya untuk memberikan informasi, pelatihan bahkan sampai dengan praktek secara langsung kepada kami terkait farm integrated ini. Kami yakin program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi Yayasan Qobasat Annur/Pesantren, masyarakat sekitar, serta lingkungan sekitar,” ujar Kyai Ahmad Husein Dahlan selaku Ketua Umum Yayasan Qobasat Annur (Pusat) dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Qobasat Annur Cabang Brebes.


Kegiatan farm integrated ini diharapkan dapat berkelanjutan di masa yang akan datang dan menjadi salah satu sumber pendapatan Yayasan Qobasat Annur. Selain itu, dengan adanya program ini, Yayasan Qobasat Annur juga turut serta menyumbangkan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan sekitar.

img-1727915756.jpg

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook

Twitter