Pencarian

+

MANFAAT AL-QURAN DIKEHIDUPAN SEHARI-HARI

MANFAAT AL-QURAN DIKEHIDUPAN SEHARI-HARI
MANFAAT AL-QURAN DIKEHIDUPAN SEHARI-HARI

Seperti yang kita ketahui, Al-Qur’an adalah kitab suci yang di turunkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.. Sebagai seorang muslim yang baik, membaca Al-Qur’an adalah hal yang wajib dilakukan, dengan kita membaca Al-Qur’an maka kita akan mendapatkan pahala sesuai dengan yang kita baca.

Membaca Al-Qur’an dapat membuat hati kita menjadi tenang dan damai. Allah menegaskan bahwa siapapun yang dekat dengan kalamullah maka dapat dipastikan akan mendapatkan keberkahan dan kebaikannya, begitu pula sebaliknya, siapapun yang memusuhi dan mengabaikan Al-Qur’an maka ia akan mendapatkan nasib yang buruk maupun di dunia ataupun di akhirat. Setelah turunnya Al-Qur’an munculah revolusirevolusi yang baik, dimulai dari segi akhlak, aqidah, hukum, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya.

Selang beberapa waktu setelah turunnya Al-Qur’an, muculah beberapa orang yang mulai mengahafal, mengamalkannya, bahkan sampai mentadabburinya. Diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ari, “Perumpamaan orang muslim yang membaca Al-Qur’an diibaratkan seperti buah apel yang manis rasanya, juga harum wanginya.” (HR. Bukhari), dari hadits tersebut, kita mengetahui bahwa jika seorang muslim membaca Al-Qur’an saja sudah baik, apalagi jika menghafalnya sudah pasti akan lebih baik lagi.

Membaca Al-Qur’an juga memberikan manfaat bagi diri kita sendiri, juga dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh manfaat membaca Al-Qur’an :

1.       Membuat hati menjadi tenang

Ibnul Qayyim dalam kitabnya, Zad AlMa’ad menjelaskan bahwa Al-Qur’an ialah penyembuh yang sempurna dari seluruh penyakit hati dan jasmani.

2.       Mendapatkan pahala yang berlimpah

Rasulullah SAW. bersabda, “Siapa saja yang membaca Al-Qur’an, mempelajarinya, dan mengamalkannya maka dia dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat, mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari.”, dikutip dari hadits “Bahwasannya aku tidak mengatakan Alif Lam Mim satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf, Mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi). Maka dari itu, jika kita sering membaca Al-Qur’an, kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah, apalagi jika kita menghafal dan mentadabburinya, tentu akan mendapatkan pahala yang lebih baik lagi jika kita ikhlas membacanya.

3.       Pemberi Syafaat di hari kiamat

Dari Abu Umamah Al-Bahili, Rasulullah SAW. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberikan syafaat kepada para pembacanya.” (HR. Muslim).

4.       Berisi ilmu pengetahuan

Ilmu pengetahuan yang berkembang pada zaman dahulu dan zaman sekarang, semuanya telah dituliskan oleh Allah SWT melalui kita suci Al-Qur’an, Ibnu Mas’ud berkata “Jika kalian menginginkan ilmu pengetahuan maka kajilah dan pahamilah Al-Qur’an karena di dalamnya terdapat pengetahuan orang-orang generasi dahulu dan generasi yang akan datang.

5.       Menjadi keluarga dan kepercayaan Allah

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW., “Ahli Al-Qur’an adalah keluarga dan kepercayaan Allah SWT.” Dalam sabda tersebut seorang Ahli Al-Qur’an atau seorang yang selalu membaca kitab suci AlQur’an akan menjadi orang keistimewaan sekaligus kepercayaan Allah SWT.

6.       Dapat mengajarkan ilmunya kepada orang lain

Diriwayatkan oleh Utsman bin Affan, “Sebaik-baiknya manusia adalah yang mempelajari Al-Qur’an, mengamalkannya dan mengajarkannya kepada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim). Orang yang mempelajari Al-Qur’an sudah pasti mendapat pahala, tetapi jika ia mengajarkannya maka pahala yang ia dapatkan tidak akan terputus karena ilmu yang bermanfaat.

7.       Menjadi obat terbaik saat sakit

            Imam Al-Suyuthi dalam Al-Itqan berpendapat mengenai adanya 25 keistimewaan yang ada di kitab suci AlQur’an, beliau berkata. “Hendaklah kalian berobat dengan Al-Qur’an dan madu.” Kita dapat menyimpulkan bahwa dengan membaca Al-Qur’an kita dapat mengambil beberapa manfaat untuk kehidupan sehari-hari kita dan dengan kita membaca atau menghafal Al-Qur’an kita mendapatkan syafaat untuk memasuki surga dan memberikan mahkota penghormatan kepada kedua orangtua kita. Demikian beberapa contoh manfaat membaca Al-Qur’an, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter