Pencarian

+

KUPAS TIPIS MANFAAT BULAN RAMADHAN.

KUPAS TIPIS  MANFAAT  BULAN  RAMADHAN.
KUPAS TIPIS MANFAAT BULAN RAMADHAN.

KUPAS TIPIS MANFAAT BULAN RAMADHAN.

Oleh: Farhan Hilal Sing (Pembimbing IMAD Ikhwan)


    Mari kita mulai tulisan ini dengan se- buah pertanyaan. Apa sih yang kalian hara- pkan dari hadirnya Ramadhan ? apa karena untuk mendapatkan tunjangan hari raya (THR) ketika lebaran ? mungkin saja kan. Atau karena benar-benar pengen ibadah ? ini juga mungkin banget. Mungkin saja karena pengen terhindar dari berbuat maksiat ? hmm alasan ini juga tidak kalah menarik sih ya ? Faktanya banyak yang memang menantikan datangnya bulan Ramadhan. Entah karena hanya ingin ngabuburit, kan- gen perang sarung, dan ingin beribadah, serta banyak alasan lainnya. Bahkan pen- ganut agama lain pun menikmati hadirnya bulan Ramadhan loh. Lantas apa yang kita harapkan sebagai seorang muslim atas hadirnya bulan Ra- madhan ? masa kalah sama mereka yang bukan penganut agama Islam ? Bye the way, gimana nih puasanya sobat-sobat Al-Bayan ? lancar kah maaanniiiieeezzz ?? semoga saja lancar jaya dan berkah barokah ya puasanya sobat AlBayan. Okey back to the topic. Ternyata hadirnya bulan Ramadhan itu banyak banget loh manfaatnya untuk diri kita. Tapi kita tarik dulu pernyataan di atas dan kita ubah menjadi pertanyaan untuk diri kita dulu deh. Pertanyaannya adalah ; bisakah kita mengisi Ramadhan dengan hal yang bermanfaat ? nah bukankah ini letak masalah nya ? hehehe. Kita mau tidak ? TIDAK ? LEMAH !!! CANDA LEMAH. Jangan serius-serius dong, nanti baper loh. Baiklah. Penulis rasa kita semua pasti mau memiliki bulan Ramadhan yang bermanfaat bukan ? setidaknya kita sudah memiliki modal awal terlebih dahulu. Yaitu kemauan. Lantas apa saja sih manfaat hadirnya bulan Ramadhan ? yuk kita kupas tipis-tipis aja. Penulis hanya membahas 5 saja ya ges ya. 

1. Dampak terhadap kesehatan. Manfaat pertama yang saya sebutkan mungkin kita tidak merasakannya secara langsung atau mungkin kita tidak menyadarinya. Tapi hal ini terjadi ketika kita bepuasa. Tidak percaya ? serius tidak percaya ? silahkan tanya saja ke Pak Zulkhaidir saja. Kepala klinik DF ikhwan.

2. Memiliki quality time bersama dengan Al-Qur’an. Sadar atau tidak, ternyata kita akan berusaha menyempatkan waktu untuk membaca Al-Qur’an. Entah karena terbawa suasana orangorang di sekitar kita atau karena kita sudah memiliki agenda sendiri bersama Al-Qur’an.

3. Agenda harian yang selalu produktif. Jika kita memprioritas- kan bulan Ramadhan, pas- ti kita melakukan hal-hal yang jarang kita lakukakan di bulan-bulan lainnya. Karena kita berupaya me- manfaatkan momentum yang datang hanya satu tahun satu kali. Biasanya kita sudah memiliki agenda yang ter- struktur, baik itu tertulis atau tidak. Sebab merasa setiap waktu yang dilalui sangat berharga. Betul tidak ?

4. kita mendapatkan suplai atau suntikan ilmu-ilmu baru. Dari mana mendapatkannya ? dari momen shalat isya yang disambung dengan shalat tarawih. Biasanya di an- tara kedua shalat itu ada sebuah kuliah singkat oleh para ustadz. Ceramah-ceramah yang memberikan kita perbendaharaan dan amunisi-amunisi seputar agama. Tidak jarang juga diadakannya kegiatan kuliah subuh.

5. Terjaga dari bermaksiat. Pastinya tetap saja ketika Ramadhan datang kita tidak luput dari bermaksiat. Namun setidaknya kita bisa meminimali- sir kemaksiatan, karena sangat disayang- kan orang yang bermaksiat ketika sedang berpuasa. Hal itu dapat mengurangi pahala berpuasa, bahkan bisa membatalkannya.

Pertanyaannya adalah ; bi- sakah kita mengisi Ramad- han dengan hal yang ber- manfaat ? nah bukankah ini letak masalah nya ? hehehe. Kita mau tidak ? TIDAK ? LEMAH !!! CANDA LEMAH. Jangan serius-serius dong, nanti baper loh. “

Tapi karena kita sedang berada di bulan Ramadhan, kita akan berusaha untuk meminimalisasi bermaksiat. Bukankah begitu sobat Al-Bayan ? Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan di bulan Ramadhan. Bagaimana sejauh ini ? sudah merasakan kelimanya sekaligus ? atau masih beberapa saja ? kalau sudah bisa merasakan dan mendapatkan kelimanya berarti bulan Ramadhan sudah produktif dan maksimal. Tapi kalau kita belum bisa merasakan kelima nya ? tetap produktif juga dong. Cuma belum maksimal mungkin sobat Al-Bayan. Yuk dimaksimalkan lagi. Jangan sampai terlewat Ramadhan nya secara cuma-cuma. Karena setiap menit yang dikerjakan di bulan Ramadhan adalah sangat-sangat berharga. Ramadhan mungkin beberapa hari lagi, apalagi ini di sisa malam-malam terakhir bulan Ramadhan loh. Ada apa hayooo di sepuluh malam terakhir bulan suci ini ? ada lailatul qadar, satu malam yang setara 1000 bulan, TAHU TIDAK ? TIDAK ? TIDAK ? NAH, INI LAGI DIKASIH TAHU. Gitu ya sobat Al-Bayan, semangat lagi yuuuk di sisa malam-malam terakhir. Jan- gan lupa diguaaas pool lagi semangat nya. Selamat berburu lailatul qadar gaaaaiiii- isss


Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter