Pencarian

+

Berakhlak dan Berprestasi dengan literasi Islami

  • HOME
  • Artikel
  • Berakhlak dan Berprestasi dengan literasi Islami
Berakhlak dan Berprestasi dengan literasi Islami
Berakhlak dan Berprestasi dengan literasi Islami

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) kembali menggelar pameran buku islam terbesar se-asia Tenggara yang marak di kenal  dengan Islamic Book Fair (IBF). Pameran yang berhasil mengundang 113 penerbit dan Perusahaan ini telah terlaksana selama 5 hari terhitung sejak tanggal 20-24 September 2023 dengan tema “Berakhlak dan berprestasi dengan literasi Islami.”

Panitia IBF ke-21 ini menjadikan Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta sebagai lokasi pameran tersebut yang mana pada tahun sebelumnya sempat diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).

“Pada saat kita sudah merencanakan di JCC kebetulan ada jadwal dari kenegaraan sehingga pada tanggal tersebut tidak memungkinkan, akhirnya kami harus mengambil Langkah efesien dan terpilihlah Istora senayan walaupun bentuk dan formasinya tidak seperti tahun kemarin,” ujar Abdul Hakim selaku ketua panitia.img-1698218847.jpg

“Walaupun terdapat stand indoor dan outdoor, akan tetapi di sini terdapat kursi tribune sehingga memungkinkan pengunjung untuk beristirahat sembari menyaksikan kegiatan di panggung utama,” lanjutnya dalam wawancara bersama redaktur Al-Bayan.

              Adapun pandang dari sang penjaga stand buku di IBF ,“Menurut saya untuk vanue di JCC lebih baik di banding di istora sekarang, tapi secara antusias sekarang masih bagus dan masih rame juga,” tutur Yusuf selaku penjaga stand Replubika.id.

Agenda yang menjadi tanggung jawab Hikmat Kurnia (Ketua IKAPI DKI Jakarta) ini berhasil di buka oleh 21 pimpinan pondok pesantren dan didatangkan oleh beberapa orang terkemuka dan ternama seperti Dr. H. Hidayat Wahid, Lc, M.A. , Prof. Dr. AG. K.H. Muhammad Quraish Shihab, Lc.M.A. , Asma Nadia Dsb.img-1698218888.jpg   

Selain hadirnya para tamu undangan, Islamic Book Fair ke 21 ini turut dimeriahkan dengan beberapa perlombaan diantaranya lomba tari, mewarnai, kaligrafi serta lomba marawis tingkat pondok pesantren se-nasional. Yang mana Pondok pesantren Terpadu Daarul Fikri juga ikut berpartisipasi dalam lomba marawis tersebut dan diwakili oleh Tim marawis Imad Ikhwan.

Pada 21 september 2023 tepat di hari kedua berlangsungnya pamaren buku tersebut santri IMAD Ikhwan Daarul Fikri bersamaan dengan santri ITTAQI level 6 SDIT Daarul Fikri mengunjungi event tersebut, dan dilanjutkan oleh IMAD Akhwat pada hari dan tanggal esoknya.

Keberangkatan santri dimulai pukul 08.00 WIB menggunakan bus sesuai unitnya seperti yang telah ditentukan oleh panitia. Dibentuknya kelompok dengan masing-masing berisikan 7 orang bagi santri ITTAQI level 6 SDIT guna mempermudah guru dalam pengawasan. Sementara untuk santri IMAD diberikan keleluasaan dalam mengeksplorasi pameran buku tersebut.

Sesampainya di lokasi, santri ITTAQI diwajibkan untuk membeli 1 buku yang akan dijadikan tugas merangkum dengan dana sebesar Rp150.000 persantri, dan dana sebesar Rp200.000 persantri bagi santri IMAD. Kepulangan lebih awal dikerahkan untuk santri ITTAQI pada pukul 14.30 kemudian dilanjut pada pukul 16.00 untuk kepulangan santri IMAD guna mengantisipasikan waktu kesampaian agar tak terlalu malam.img-1698219065.jpgimg-1698219024.jpg

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter