Pencarian

+

MANFAAT LUAR BIASA AL-QURAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

  • HOME
  • Artikel
  • MANFAAT LUAR BIASA AL-QURAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
MANFAAT LUAR BIASA AL-QURAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
MANFAAT LUAR BIASA AL-QURAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

(Catatan Talkshow Pendidikan Ahad, 25 september 2022)

              OLEH : UST. SLAMET IBNU SYAM

              Bismillahahirrahmaanirrahiim

           " اِنَّ هَذَا الْقُرْاَنَ يَهْدِ يْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْ مِنِيْنَ الَّذِ يْنَ يَعْمَلُوْنَ الصَّلِحَتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًاكَبِيْرًا"

              “Sungguh, Al-Qur’an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al-Isra’ : 9)

              Sesungguhnya Allah menurunkan Al-Qur’an kepada umat manusia lewat Nabi Muhammad SAW bukanlah sebagai beban ataupun kabar buruk. Namun Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai pemberi rasa senang, sebagai kabar gembira kepada orang mukmin yang mengikutinya.

              Syaikh Muhammad Said Ramadhan Al-Mudzi berkata “Al-Qur’an itu seperti manual book”. Manual book disini bermaksud untuk manusia. Semisal dengan alat elektronik yang baru dibeli, tentu terdapat manual book atau buku panduannya. Pada buku panduan itu tertera bagaimana cara pemakaian atau merangkai barang tersebut. Apabila tidak diikuti maka barang alat elektronik tersebut akan rusak dan tidak berfungsi, namun jika diikuti maka barang tersebut akan bekerja dengan baik. Sama halnya dengan manusia, datangnya Al-Qur’an kepada manusia yakni sebagai pedoman kehidupan, yang akan memandu kepada jalan yang lurus, mudah, mulia, sukses dan bahagia di setiap urusan.

              Jika kita melihat dari segi kehidupan secara global tentu saja ada orang yang hidupnya sukses tanpa jalur ataupun panduan Al-Qur’an. Namun jalan yang orang itu lewati tak akan selurus dan semulia orang yang suksesnya bersama Al-Qur’an. Karena sesungguhnya hanya jalur Al-Qur’anlah yang mampu membahagiakan dan menyukseskan baik di dunia maupun di akhirat. Hal itu tidak hanya berlaku kepada sang pembaca atau penjaga namun juga orang-orang disekitarnya seperti orang tuanya, saudara-saudaranya, bahkan hingga anak keturunannya.

              Manfaat Al-Qur’an

              Al-Qur’an adalah sebaik baiknya teman yang tak akan pernah bosan menemani di kala gundah gulana, yang apabila semakin diulang semakin indah bacaannya. Orang memiliki AlQur’an di hati dan jiwanya maka kuburannya akan terang-benderang, hidupnya akan nikmat didunia dan di akhirat. Kedua orang tuanya akan dipakaikan jubah kemuliaan dan mahkota yang indah tak terkira. Begitu pula dengan anaknya yang menghafal AlQur’an, pasti hidupnya akan sungguh mulia, jasadnya akan harum dan dijaga dari siksa kubur dan hewan melata, ruhnya akan disambut oleh seluruh penduduk langit dan pintu surga telah menanti kehadirannya.

              Manfaat luar biasa dari Al-Qur’an inilah yang menjadi alasan para ulama mendidik anak mereka dengan Al-Qur’an sedari kecil. Seperti hadist riwayat Imam Al-Baihaqi, Rasulullah SAW. bersabda : “Barang siapa yang membaca Al-Qur’an pada umur yang masih muda maka Al-Qur’an akan dicampurkan dalam daging dan darahnya.

              Terdapat kisah seorang tokoh Al-Qur’an pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu ‘Asad dalam Tarikh Dimasq: Suatu saat Sayyidina Utsman menjenguk Sayyidina Ibnu Mas’ud yang sedang sakit, lalu Sayyidina Utsman bertanya “Apa yang engkau keluhkan, wahai Ibnu Mas’ud?” Lalu Ia menjawab “Yang aku keluhkan adalah dosa-dosaku“. Kemudian Sayyidina Utsman bertanya kembali, “Apa yang engkau inginkan ?”. Ia menjawab, “Yang aku harapkan hanyalah rahmat Tuhan-ku”. Kemudian Ia ditanya kembali “Apa perlu Aku datangkan dokter?”. Ibnu Mas’ud lantas menjawab, “Dokter justru membuat sakitku semakin parah”

              “Apa engkau perlu buah tangan?” tanya Sang Khalifah. “Aku tak butuh,“ tukasnya. “Engkau memang tidak membutuhkannya, namun anak-anak perempuanmu membutuhkannya agar setelah engkau pergi mereka tidak akan hidup kemiskinan,“ ucap Sayyidina Utsman.

“Engkau takut anak-anak perempuanku akan hidup dalam kemiskinan? Hal itu tidak akan mungkin terjadi, karena Aku pernah mendengar Rasulullah Bersabda tentang apabila seseorang membaca Qur’an surat Al-Waqi’ah setiap malam, maka tak akan pernah hidupnya dilanda kemiskinan. Dan itulah yang telah tertanam pada anak-anak perempuanku.”

Dari kisah ini telah jelas bahwa Al-Qur’an akan menjadi jalan terbaik untuk manusia lewa- ti. Siapa yang mengikuti Al-Qur’an maka akan diridhoi hidupnya dan dengan Al-Qur’an juga- lah seseorang yang tidak mengikutinya dapat tersesat. Oleh karena itu jadilah orang-orang pi- lihan Allah di hari kiamat kelak. Semoga dengan adanya seminar ini jiwa dan pikiran kita dapat lebih terbuka sehingga lebih semangat lagi dalam menghafal Al-Qur’an sehingga kita akan mendapat syafaat dan kemuliaan dari Al-Qur’an di dunia dan akhirat.

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter