Pencarian

+

BYE-BYE OVERTHINKING

BYE-BYE OVERTHINKING
BYE-BYE OVERTHINKING

BYE-BYE OVERTHINKING

Oleh: Myleni Salsabila

    Setiap orang pasti memikirkan sesuatu. Namun, jika kita selalu memikirkan sesuatu secara berlebihan sampai menyita banyak waktu, bisa jadi kita mengalami overthinking. Dilakukan secara sadar maupun tidak, banyak orang yang memikirkan banyak hal secara berlebihan dan tidak diketahui kepastiannya apakah akan terjadi atau tidak kedepannya. Hal ini dilakukan tidak hanya oleh orang dewasa namun hal ini juga dilakukan oleh para remaja. Banyak hal secara berlebihan juga biasa disebut dengan overthinking.

Apa sih sebenarnya overthinking?

Overthinking adalah suatu dimana perilaku seseorang dalam memikirkan segala sesuatu secara berlebihan, walaupun ada sedikit hal baik yang bisa kita dapatkan tapi Overthinking banyak juga berdampak buruk bagi kesehatan fisik ataupun mental. Hal ini dapat dipicu mulai dari masalah sepele dalam kehidupan sehari-hari, masalah besar, hingga trauma dimasa lalu yang membuat seseorang tersebut tidak bisa berhenti memikirkannya. Seseorang yang sudah terjebak dalam overthinking akan dihantui oleh rasa khawatir berlebihan dan membuat ragu dalam mengambil sebuah keputusan. Dan hal tersebut maka otomatis hati akan waswas dan merasa terus-terusan tak nyaman. Situasi mengancam ini menjadi situasi yang nantinya akan semakin sulit untuk diatasi oleh individu yang bersangkutan Seringkali membutuhkan waktu yang cukup lama dan bahkan tidak jarang terdapat kejadian yaitu gagal mengatasi permasalahan tersebut, sehingga pada tahap berikutnya ia mengalami kesulitan dalam 

    bekerja ataupun melakukan aktivitas keseharian lainnya. Adapun penyebab overthinking bisa dipicu oleh beberapa faktor seperti adanya kekhawatiran akan suatu hal, bisa juga karena adanya berbagai masalah atau trauma yang membuat kita tidak bisa berhenti memikirkan suatu hal. Dan dampak negatif yang dapat terjadi ketika seseorang sedang overthinking diantaranya yaitu: kegiatan sehari-hari terhambat, emosi tidak terkontrol, dan gangguan pada kesehatan fisik. Dampak overthinking pada kesehatan sangat besar, bukan? Itulah sebabnya kita sebaiknya jangan terlalu sering memikirkan sesuatu secara berlebihan. Informasi ini penting buat kamu yang sering overthinking. Nih gengs, simak 6 tips ini dijamin Bye-Bye Overthinking


1. Melihat dari perspektif yang luas

     Ketika kita overthinking kita menjadi sering melihat hal-hal kecil jadi masalah besar. Coba pikirkan apakah masalah tersebut berdampak untuk 5 tahun kedepan atau 5 minggu kedepan, jika tidak jangan dipikirkan alias buang jauh-jauh pikiran yang tidak perlu. Lihatkan dengan perspektif kamu jadi lebih bijak.

2. Membuat limit dalam membuat keputusan

     Pernah mikir mau makan dimana aja lama banget, sering banget ya gengs. Sekarang kamu harus memberi limit waktu untuk hal-hal kecil seperti tadi cukup 30 SPUM detik, untuk hal besar cukup 30 menit. Dijamin deh kamu pasti tidak overthinking lagi.

3. Belajar menerima kegagalan

    Namanya hidup pasti akan ada naik dan turun, itu namanya seni dalam hidup. Jadi, gagal merupakan hal yang wajar dan jangan mudah tertekan, gagal membuatmu belajar untuk lebih baik lagi. Lupakan dulu jiwa perfeksionis sebentar supaya bisa lebih tenang dan fokus untuk menjadi lebih baik.

4. Menjadi pribadi yang open minded

     Dengan memiliki pemikiran terbuka kamu jauh lebih bisa mengerti banyak hal, kamu bisa jadi lebih tenang karena memikirkan banyak peluang dengan menyelesaikan masalah ataupun menentukan suatu hal.

5. Menjadi pribadi yang positif

    Selain open minded kamu juga harus menerapkan sifat positif, memandang segala hal dengan positif membantu kamu ketika sedang overthinking. Kamu jadi bisa melihat hal-hal positif dalam suatu hal. Coba deh terapkan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari.

6. Banyak bersyukur

     Dengan banyak bersyukur, kamu jadi bisa mengerti ada hal-hal kecil yang bisa kamu syukuri, walaupun kadang gak sesuai dengan rencana kamu gengs. Kamu jadi tidak terlalu overthinking karena kamu menerima hal yang sudah terjadi. Hayo, sudah bersyukur belum gengs? Itu dia 6 tips untuk mengatasi overthinking, coba terapkan di kehidupan kamu ya gengs supaya kamu selalu sehat. Overthinking memang manusiawi, tapi kita harus tetap berusaha untuk mengatasinya supaya tidak berdampak buruk bagi kesehatan fisik ataupun mental. Dengan demikian, apabila kita sebagai umat Islam mampu dalam mengamalkan ibadah-ibadah secara benar maka akan mendapatkan manfaat dalam menghindari kebiasaan overthinking. Stop overthinking ya gengs

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Kategori
Artikel Populer
Video
Event Terdekat
Tidak Ada Event Terdekat

Testimonial

Facebook

Twitter